Sejarah Singkat

Cikampek adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang Jawa Barat. Sebuah kota yang berbau industri karena banyak berdirinya pabrik-pabrik dan kawasan industri yang terbilang sudah terkenal di Indonesia bahkan sebagian perusahaan juga sudah terkenal di dunia. Cikampek merupakan daerah segitiga emas yang menghubungkan Jakarta, Bandung dan Subang yang juga merupakan kota-kota besar di Indonesia. Untuk itu sudah sepantasnya Cikampek memiliki sekolah-sekolah yang bisa menjadikan generasi penerusnya memiliki kecerdasan dan daya saing yang harus lebih dari sekolah daerah lain agar tidak kalah bersaing dalam dunia industri.

Pembangunan gedung sekolah dilaksanakan di tahun 1999 dan selesai tahun 2000 di sebidang lahan seluas 18695 m² yang berlokasi di Jalan Raya Sukamanah Desa Cikampek Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang termasuk pula pembangunan sebuah stasiun radio sekolah yang kini telah mampu berkembang dan bahkan menjadi radio daring.

Di bulan Juli tahun 2000 melalui SK Penegrian No.21/07/2000 didirikanlah sebuah SMK Negeri di Cikampek namun masih memiliki nama SMK Negeri 3 Karawang karena statusnya yang masih sekolah baru dan berada di Kabupaten Karawang yang sebelumnya telah memiliki SMK Negeri 1 Karawang dan SMK Negeri 2 Karawang (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) Negeri 2 Karawang. Sejak saat itu, SMK Negeri 1 Cikampek terus berkembang dan telah melahirkan alumni-alumni yang berprestasi di sekolah maupun di dunia industri. kesuksesan SMKN 1 Cikampek tidak lepas daripada peran para guru yang memiliki keuletan dan kesabaran dalam mengajar.

Saat pertama didirikan, sekolah baru memiliki 3 Kompetensi Keahlian, yaitu Teknik Elektronika Industri (TEI), Teknik Pemesinan (TPM), dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Di tahun 2012, SMK Negeri 1 Cikampek terus berkembang dan memiliki 6 Kompetensi Keahlian yaitu Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Elektronika Industri (TEI), Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Analisis Kimia (AKM) dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH).

Sampai tahun 2017, SMK Negeri 1 Cikampek memiliki 7 Kompetensi Keahlian yang berkembang dan beberapa diantaranya berubah nama. Daftar Kompetensi Keahlian tersebut adalah:
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKR)
Teknik Pemesinan (TPM)
Teknik Elektronika Industri (TEI)
Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)
Teknik Otomasi Industri (TOI)
Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH)
Analisis Pengujian Laboratorium (APL)

Dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar, SMK Negeri 1 Cikampek menempati 2 buah kampus yang saling terpisah satu sama lain. Seluruh kegiatan pembelajaran teori dan kegiatan produktif dilaksanakan di Kampus Utama SMK Negeri 1 Cikampek di Jalan Raya Sukamanah Desa Cikampek Barat, Cikampek, Karawang. Terkecuali untuk pembelajaran bagi peserta program keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura yang dilaksanakan di Kampus Pertanian yang berlokasi di Jalan Raya Parakan-Cikampek Desa Pucung, Kotabaru, Karawang. Selain dua kampus yang berupa bangunan milik sekolah, tempat kegiatan belajar-mengajar untuk kelas XIII Program Keahlian Teknik Otomasi Industri yang ditempatkan di beberapa perusahaan yang menerapkan teknik otomasi. Kampus terbesar yang dimiliki oleh SMK Negeri 1 Cikampek adalah Kampus Utama, yang memiliki fasilitas berupa 6 buah bengkel dan 3 buah laboratorium analisis kimia dan mikrobiologi. Luas Kampus Utama SMK Negeri 1 Cikampek kini adalah 28997 m², dan jika di tambah dengan luas Kampus Agribisnis, maka luas keseluruhan kampus milik SMK Negeri 1 Cikampek adalah 29095 m².

Kampus utama adalah tempat atau bangunan yang digunakan sebagai tempat pembelajaran dan praktek-praktek para peserta didik SMK Negeri 1 Cikampek yang berlokasi di Jalan Raya Sukamanah Desa Cikampek Barat, Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Kampus ini digunakan oleh seluruh jurusan dalam hal kegiatan belajar-mengajar dan praktek produktif, kecuali untuk peserta Program Keahlian Teknik Otomasi Industri kelas XIII yang menjalani pendidikan di dunia industri dan peserta Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura yang menjalani pendidikan di Kampus Agribisnis SMK Negeri 1 Cikampek sebagai lahan produktif. Kampus utama terbagi kedalam bagian depan sisi selatan terdapat Gedung Serba Guna Bale Atikan, sedangkan sisi utara terdapat Masjid Baitul Ilmi. Kompleks perkantoran seperti ruang tata usaha, ruang kepala sekolah dan beberapa ruang pendukung teori berada di bagian depan atau bagian timur kampus. Sisi utara terdapat bengkel Teknik Pemesinan dan di sisi paling utara juga terdapat kantin. Sebuah kampus di pojok barat daya digunakan sebagai tempat kerja produktif dan teori Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Sisi barat terdapat kampus elektronika dan kampus ketenaga listrikan yang saling menyambung, dan dipisahkan dengan sebuah tangga. Kampus-kampus tersebut mengelilingi lapangan upacara. Sebelah sisi selatan lapangan tersebut terdapat laboratorium bahasa dan perpustakaan. Sisi timur terdapat beberapa kelas teori yang membentengi kampus kimia, biasa digunakan oleh Teknik Elektronika Industri dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik sebagai ruang teori. Di depan kelas-kelas tersebut terdapat kampus berlantai dua, yang membentang dari utara ke selatan dan dari timur ke barat membentuk sudut di sisi tenggara Kampus Utama. Bagian bawah kampus tersebut digunakan sebagai ruang teori Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, sedangkan lantai kedua hanya diprioritaskan untuk Analisis Pengujian Laboratorium.